Sambut Idul Fitri, Ribuan Warga Meriahkan Pawai Obor di Kota Luwuk

BANGGAINEWS.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) mengelar malam takbiran dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah, pada Minggu Malam (1/5/22).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk pawai obor itu, diikuti oleh 143 kelompok yang masing-masing terdiri dari kurang lebih 30 hingga 50 orang.

“Selama pelaksanaan malam takbiran dan pawai obor, kali ini pesertanya paling banyak, ada sekitar 143 kelompok yang berasal organisasi perangkat daerah, instansi pendidikan, organiasi, lembaga vertikal, perusahaan swasta dan perwakilan risma serta pengurus masjid,” ujar Ketua PHBI Kabupaten Banggai, Alfian Djibran.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Tim Liputan DKISP Banggai, para peserta akan menempuh rute sepanjang 7 kilometer yang melewati berbagai tempat di seputaran kota luwuk, seperti rumah makan cepat saji KFC, Universitas Tompotika, jembatan kelapa dua dan Kepolisian Sektor Luwuk, kemudian akan kembali ke Masjid Agung An-Nur Luwuk.

BACA JUGA:   3 Orang Luka-luka, Begini Kronologis Lengkap Kecelakaan Pick UP di Jembatan Kalumbangan!

Selain kegiatan yang hari ini dilaksanakan di pusat Kota Luwuk, lanjut Alfian Djibran, setiap kecamatan di Kabupaten Banggai juga melaksanakan kegiatan serupa.

Di beberapa titik yang akan dilalui peserta, ia menambahkan, juri yang terdiri dari 9 tim tersebut, akan melakukan penilaian secara objektif guna menentukan pemenang yang akan diumumkan pada tanggal 14 Mei 2022 pada kegiatan halal bihalal dan tabligh akbar yang rencananya akan dilaksanakan di pelataran Masjid Agung An-Nur Luwuk.

“Saya harap peserta tertib, taat prokes dan terus mengumandangkan takbir, karena itu merupakan salah satu item yang dinilai,” imbuhnya.

Usai laporan Ketua PBHI Kabupaten Banggai selaku pihak pelaksana teknis, Bupati Banggai, Ir. H Amirudin memberikan sambutan sekaligus melepas secara resmi para peserta.

Dalam pidatonya, ia bersyukur kepada Allah SWT, karena atas berkat angka penularan Covid-19 yang terus menurun serta status PPKM Kabupaten Banggai yang kini berada pada level 2, Pemkab Banggai dapat kembali menyelenggarakan malam takbiran setelah sebelumnya, selama dua tahun tidak dapat dilaksanakan.

BACA JUGA:   Dinas Perikanan Banggai Gelar Pasar Ikan Murah Tekan Inflasi Dampak Naiknya BBM

Sebelum mengakhiri sambutan, ia berharap, semoga kegiatan tersebut dapat membawa syiar yang besar serta amal kebaikan yang berlipat ganda bagi seluruh umat muslim Kabupaten Banggai.

“Melalui kegiatan ini, kita tunjukan kepada semua orang, inilah cara Umat Islam di Banggai menyambut Hari Raya Idul Fitri,” tegas dia diiringi kumandang takbir dari para peserta.

Turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanudin Masulili, Unsur Forkopimda serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banggai, Zainal Abidin Alihamu.

(SOF/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: