Realisasi Pekerjaan Fisik Mulai di Monitoring dan Evaluasi Wabup Banggai

Wabup dan Stafsus serta Kabag Bipram Setdakab Banggai saat turun melakukan Monev di Kecamatan Pagimana dan Lobu, Sabtu (21/8/2022). (FOTO: PROKOPIM)

BANGGAINEWS.COM- Wakil Bupati (Wabup) Banggai Drs. H. Furqanuddin, Sabtu (21/8/2022) melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di 2 kecamatan, yakni Kecamatan Bunta dan Kecamatan Lobu.

Wakil Bupati dalam kegiatan tersebut didampingi Staf Khusus (Stafsus) Bupati Banggai Alimudin M. Nur dan Kabag Bipram Setda Kabupaten Banggai Hasbullah Adjibu ST,. MT., serta Camat Pagimana Wahyudin Sangkota, dan Staf Kantor Camat Lobu.

Menurut Staf Khusus (Stafsus) Bupati Banggai Alimudin M. Nur, hal ini dilakukan untuk melihat dari dekat kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan, bagaimana kondisinya, apakah sudah jalan atau belum.

Dari beberapa pantauan kata Stafsus Alimuddin, ada beberapa kekurangan, misalnya di papan nama proyek, utamanya di pengisian Jangka Waktu. Ada yang hanya tertulis awal mulai pelaksanaan, tapi tidak tertulis waktu selesainya kegiatan.

Beberapa kegiatan juga belum ada Papan Proyek. Padahal itu sangat penting sekali, sebagai bentuk sosialisasi/penyampaian kepada masyarakat serta bentuk tranparansi pemerintah kepada masyarakat.

BACA JUGA:   Perhatian! Keluarga Korban Kecelakaan di Halimun Harap Sopir Truk Sampah di Hukum Berat, Ini Alasannya!

Dari data yang ada di Bipram, ada juga beberapa kegiatan/program yang sudah ada kontrak, tapi malah belum jalan.

“Kami akan menyurat kepada OPD yang bersangkutan, agar OPD menyurati Pelaksana Kegiatan/kontraktor agar penyelesaian pekerjaan tepat target,” jelas Staf Khusus Alimudin M. Nur.

Wakil Bupati Furqanuddin saat meninjau pekerjaan jalan dari Desa Lobu menuju Desa Balean menyarankan kepada Bina Marga untuk melakukan survey untuk kemungkinan pembukaan jalan di daerah-daerah terisolir.

“Kalau sarana prasarana atau infrastruktur transportasi baik, pasti masyarakat punya hasil produksi juga bisa dipasarkan bagus,” kata Wabup Furqanuddin yang diselingi bahasa Saluan.

Dari pantauan, saat mobil rombongan Wakil Bupati Banggai memasuki jalan sempit dalam desa Balean, beberapa warga dan anak-anak keluar dari rumah mereka dan terlihat mengikuti dari belakang.

“Saya cuma tahu sudah dibongkar, kalau soal tembus belum,” kata seorang Ibu dengan haru karena kemudian tau bahwa tanggal 20 Agustus 2022 mobil DN 2 C tiba pertama-kali di Desa Balean Kecamatan Lobu.

BACA JUGA:   Puluhan Murid TK Kemala Bhayangkari Sambangi Satlantas Polres Banggai

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi untuk bulan Agustus yang dilakukan oleh Wakil Bupati dan Staf Khusus Bupati dan Bagian Administrasi Pembangunan Setda akan dilaksanakan di 23 kecamatan.

Menurut Kabag Bipram Setda Kabupaten Banggai Hasbullah Adjibu, S.T., M.T. diharapkan akan rampung sebelum akhir Agustus 2022.

“Dengan selesainya Kecamatan Pagimana dan Kecamatan Lobu, berarti lagi 21 kecamatan. Insya Allah monev terlaksana sesuai jadwal,” jelasnya.

Turut mengikuti kunjungan di dua kecamatan ini para staf Dinas PUPR, staf Dinas Kesehatan, staf Dinas Pendidikan dan beberapa PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dari beberapa OPD.

(SOF/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: