Reses DPRD Balut, Aleg Irwan Pastikan Prioritas Usulan

BALUT-BN. Pemerintah desa Tinakin Laut kecamatan Banggai mengusulkan agar pemerintah daerah memprogramkan pembangunan jembatan titian yang terletak di dua titik, tepatnya di dusun 5 desa tersebut. Usulan itu diutarakan warga dan Pemdes saat reses anggota DPRD Banggai Laut, Irwan Lajumi, kamis (12/12).

Menurut Pemdes, jumlah DD sangatlah terbatas untuk membiayai program tersebut. Olehnya, bantuan pemerintah daerah (Pemda) sangatlah diharapkan. Menurut warga, kondisi jembatan titian sudah sangat memprihatinkan.

Pada reses  yang di hadiri pemerintah Desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh Pemuda, tokoh perempuan dan perwakilan masyarakat di masing-masing dusun itu, Aleg Irwan Lajumi langsung turun lapangan (Turlap). Tak hanya reses di dalam ruangan semata, Irwan memastikan seberapa mendesaknya usulan pemdes dan masyarakat.

“Iya, dari jumlah penduduk yang begitu banyak di desa Tinakin Laut ini, tentu kebutuhan fasilitas publik semakin meningkat,” tandas aleg, Irwan.

Sementara reses di desa Bontosi kecamatan Labobo hari berikutnya, Pemdes dan masyarakat desa mendesak adanya  lampu penerangan. Menurutnya, dengan adanya tenaga penerangan listrik juga mempermudah pertumbuhan ekonomi masyarakat. Direses itu, Pemdes Bontosi berharap adanya kepedulian pemerintah sekaitan program pembangunan perumahan warga desa. Lebih 300 kk yang bermukim areal laut kondisinya cukup memprihatinkan.

“Pada prinsipnya, kami mendukung usulan program yang peruntukannya bagi publik dan akan dibahas lanjut ketingkat Lembaga dan Pemda,” ujar Irwan saat reses di desa Bontosi kecamatan Labobo, jumat (13/12).

Sejak pekan kemarin, anggota DPRD kabupaten Banggai Laut (Balut), melangsungkan reses masa sidang I tahun 2019. Rangkaian usulan prioritas, baik dari pemerintah desa maupun masyarakat telah dibahas bersama untuk selanjutnya disinkronkan melalui program pemerintah daerah. *GAL

Tinggalkan Komentar