Sahraen Sibay: “Kandidat yang Bisa Rebut Suara Konstituen Smile-Suka Bakal Menang”

BANGGAINEWS.COM- Meski tahapan pendaftaran bakal calon (balon) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai, masih sekira satu bulan lebih yaitu tepatnya pada 4-6 September 2020. Apalagi, tahapan pemungutan suara (voting day) barulah berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Namun dengan perkembangan atau konstelasi politik lokal kabupaten yang menyimpan sumber daya alam cukup melimpah ini. Salah satu akademisi di Kabupaten Banggai, Sahraen Sibay memberikan pendapatnya, bahwa jika nantinya kandidat pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Banggai yang bertarung pada Pilkada tahun 2020 ini hanya ada tiga. Maka yang diprediksi berpeluang besar menang adalah yang bisa merebut suara konstituen, Sofhian Mile-Sukri Djalumang (Smile-Suka) pada Pilkada Banggai lalu.

Hal ini disampaikan Sahraen atau yang akrab disapa Om Aen kepada awak media ini, Selasa siang (14/7/2020).

Ia menjelaskan, bahwa pundi-pundi suara Herwin Yatim-Mustar Labolo (Win-Star) pada Pilkada Banggai lalu sehingga mengantarkan mereka sebagai pemenang, tak lepas dari kontribusi suara yang digalang grup perusahaan PT Kurnia Luwuk Sejati (KLS) sekira 40 persen.

“Nah.. dengan kemunculan kandidat calon Bupati Banggai dari grup PT KLS, Sulianti Murad. Dimana tentu tak bisa dilepaskan dari gerbong Win-Star. Maka tentu saja perolehan suara Win-Star pada Pilkada Banggai nanti akan berkurang sekira 40 persen,” jelasnya.

Selanjutnya kandidat bakal calon Bupati Banggai, Amiruddin Tamoreka (AT) yang maju pada Pilkada Banggai tahun 2020 ini, masih kata Om Aen, tak bisa lepas pula dari gerbong Ma’mun Amir-Batia Sisilia Hadjar (Mutiara) yang menempati peringkat kedua pada Pilkada Banggai lalu.

“Untuk itu, prediksi saya apabila yang bertarung pada Pilkada Banggai tahun 2020 ini hanya tiga pasang. Maka siapa kandidat yang bisa merebut suara konstituen Smile-Suka, merekalah yang bakal tampil sebagai pemenang,” terang mantan Direktur PDAM Luwuk itu.*SOF

Tinggalkan Komentar