Satu Warga Sampaka Bualemo Meninggal di RS Kandou Manado Diduga PDP

Satu Warga Sampaka Bualemo Meninggal di RS Kandou Manado Diduga PDP
Kades Sampaka: Kepastian Karena Covid-19 Belum Tau, Tapi Yang Bersangkutan Memang Sering Sakit

BANGGAINEWS.COM- Jika sebelumnya ada satu Orang Dalam Pemantauan (ODP) naik status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), jenis kelamin perempuan (39) yang telah meninggal di Rumah Sakit Ampana. Kali ini satu orang jenis kelamin laki-laki (17 tahun) warga Desa Sampaka, Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang informasinya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), meninggal dunia di Ruang Isolasi Rumah Sakit (RS) Kandou, Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (16/5/2020) pukul 21.45 Wita.

Adapun kronologis kejadian, masih berdasarkan informasi yang diperoleh awak media ini, pada Selasa (12/5/2020), pasien tiba di IGD RS Kandou dengan sakit CKD Stage Anemia Renalhemoptoe Ecsus TB Candiasi Oral dan dilakukan Screening pau paru ditemukan Pneumonia.

Pada pukul 00.35 Wita, pasien dipindahkan ke Ruang Isolasi Irina F.

Pada Sabtu (16/5/2020) pukul 21.45 Wita, kondisi pasien semakin menurun dan dinyatakan meninggal dunia oleh dokter yang menangani.

Kepala Desa (Kades) Sampaka, Munawir Kunjae yang dikonfirmasi terkait hal itu melalui pesan WhatsApp, Senin malam (18/5/2020).

“ia ad tpi kpastian krna covid 19 blm tau, tpi yg brsangkutan memang sring skit,” kata Nawir sapaan akrabnya keesokan paginya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas (Kapus) Bualemo, Betty Labongkeng yang juga sempat dikonfirmasi terkait hal itu, Selasa (19/5/2020). Ia hanya meneruskan pesan WhatsApp yang mengatakan, bahwa remaja berinisial GB anak dari Bapak berinisial DB memang warga Tanah Merah. Akan tetapi, sudah lama kerja di Manado.

“Ses, itu GB, anak dari Pak DB, memang warga Tanah Merah, tapi sudah lama kerja di Manado. Desember kemarin pulang kampung ke Tanah Merah, tapi 4 Januari sudah kembali lagi ke Manado. G diakui keluarga memang memiliki sakit sejak kecil,” kata isi pesan yang diteruskan kepada awak media ini, Selasa malam.

Saat ditanya apakah GB sempat sakit saat berada di Bualemo dan dilakukan pemeriksaan, lantas memiliki riwayat penyakit apa!? “Tidak pernah berkunjung ke Puskesmas Bualemo, jadi kita tidak tahu riwayat penyakitnya,” demikian kata Kapus Betty.*SOF

Tinggalkan Komentar