EKONOMI & INVESTASINEWS

Selai Naga ‘Bolo Paniki’ Produk Lokal Kabupaten Banggai Menasional

BANGGAINEWS.COM- Suatu kebanggaan bagi Kabupaten Banggai ada produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nya yang menasional yakni Selai Naga Bolo Paniki. Selai yang terbuat dari buah naga itu tak cuma diminati warga Banggai saja tapi sudah sampai ke Papua, Gorontalo, Palu bahkan Balikpapan.

“Target kami bisa menjual 1000 botol dalam sebulan,” ucap CEO Bolo Paniki, Suriadi Masloman.

Oleh karenanya Selai Naga Bolo Paniki bersama produk UMKM Bolo Paniki lainnya aktif mengikuti pameran Ekonomi Kreatif di berbagai propinsi seperti di Jakarta dan Gorontalo.

Untuk ketersediaan Selai Naga Bolo Paniki di Luwuk katanya, produk tersebut sudah tersedia di Golden Hill, All Swalayan dan Total Mart.

BACA JUGA:   Kabar Baik! UAS Akan Hadir di Dua Masjid selama Dua Hari di Luwuk Banggai 22 Agustus Nanti

Buah naga ungkapnya sangat melimpah di Kabupaten Banggai. Sentra pertanian buah naga terkenal di Sulawesi Tengah yakni di desa Salodik.

Bolo Paniki selain UMKM juga memiliki agrowisata dan perkebunan buah naga. “Buah naga ini banyak manfaatnya selain untuk kesehatan juga punya nilai ekonomi yang tinggi,” beber CEO Bolo Paniki yang juga dokter bedah itu menjelaskan keunggulan bertani buah naga.

Di dalam buah naga itu katanya mengandung kalori yang rendah namun vitamin dan mineralnya sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan.

“Karena kaya antioksidan, buah naga dapat mencegah penyakit kronis seperti diabetes, radang sendi dan gangguan jantung,” ungkap dokter, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini.

BACA JUGA:   Ini Harapan Tokoh Bualemo kepada Balon Bupati Banggai Sulianti Murad

Selain itu katanya, buah naga dapat pula meningkatkan kesehatan usus, mengatasi sembelit, meningkatkan fungsi otak, menurunkan resiko depresi, meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah anemia, meningkatkan kesehatan organ reproduksi, mencegah penuaan dini, menjaga tubuh dari dehidrasi dan mencegah penyakit mata.

Saking banyaknya manfaat buah naga untuk kesehatan itulah membuat UMKM Bolo Paniki mengolahnya dalam berbagai produk makanan salah satunya selai.

Putri Indonesia asal Sulawesi Tengah salah satunya yang mengaku sangat menyukai selai buah naga olahan Bolo Paniki. Ia merasa Selai Naga Bolo Paniki cocok untuk orang aktif yang tidak sempat memasak di rumah.

BACA JUGA:   Ustaz Abdul Somad Akan Hadir di Banggai, Begini Penjelasan Lengkap Koordinator Candra

“Menu sarapan andalan Putri, kalau lagi buru-buru dan tidak sempat masak, karena Putri anak kuliahan hanya dua bahan yakni roti tawar dan Selai Buah Naga,” kata Putri Amelia Moidadi dalam akun instagramnya.

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News