Tiga Fraksi Minta Hadirkan Kepala OPD pada Paripurna Penyampaian LPJ APBD 2020

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Tiga fraksi di DPRD Kabupaten Banggai meminta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk dapat menghadiri undangan para wakil rakyat. Hal ini terungkap saat Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bupati dan Wakil Bupati Banggai Atas Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, Selasa (6/4/21).

Adapun tiga fraksi dimaksud yakni Fraksi Partai Golkar, Gerindra, dan Fraksi PAN.

Juru bicara Fraksi Golkar, Irwanto Kulap menyatakan, rapat paripurna penyampaian LPJ atas pelaksanaan APBD 2020 adalah momentum yang sangat penting. Sehingga, sudah semestinya Kepala OPD dapat hadir.

“Dan jika memang seperti penyampaian Bupati Herwin bahwa ada 14 Kepala OPD yang tidak bisa hadir, karena harus menghadiri agenda Musrebang Tingkat Provinsi Sulteng di Palu. Maka dari total ada 32 OPD berarti masih ada 18 Kepala OPD yang ada di Luwuk yang mestinya bisa hadir,” tandas Aleg teloran Dapil II itu.

Dan yang 14 OPD, sambungnya, minimal pejabat Sekdisnya mesti hadir untuk dapat mendengarkan secara langsung pandangan masing-masing fraksi atas pelaksanaan APBD tahun kemarin tersebut.

Selanjutnya, Juru Bicara Fraksi Gerindra, Masnawati Muhammad menyatakan, belum akan menyampaikan pandangan fraksinya apabila Kepala OPD tidak hadir.

“Saya juga sebagai Ketua Komisi I pernah memimpin RDP terkait persoalan di desa. Sudah mengundang Kepala OPD teknis, dalam hal ini DPMD. Namun, Kepala OPD iti juga tidak hadir. Sehingga, terkesan tidak menghormati. Padahal, yang akan didengarkan penjelasannya sifatnya penting,” ungkap Masnawati.

Sementara itu, Juru Bicara Fraksi PAN, Ibrahim Darise menyampaikan keprihatinannya atas terkesan tidak pedulinya, seakan melarikan diri ataupun menghindarnya Kepala OPD.

Oleh sebab itu, ia mengusulkan kepada pimpinan rapat yakni Ketua DPRD Banggai Suprapto, Wakil Ketua I Batia Sisilia Hadjar, dan Wakil Ketua II Samsulbahri Mang, agar momentum rapat paripurna tersebut diskorsing sampai beberapa jam kedepan atau bisa juga sampai besok. Tujuannya, untuk memanggil Kepala OPD agar dapat hadir. Sehingga, rapat barulah dapat pula dilanjutkan. (SOF)

Tinggalkan Komentar