Anggaran Pengadaan Masker Pada Pilkada Banggai 2020 Dipertanyakan

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Meski langkah refocusing APBD tahun 2020 kemarin yang tujuannya untuk penanganan pandemi Covid-19, mendapat apresiasi para wakil rakyat di DPRD Kabupaten Banggai.

Namun pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) yang mengaku bahwa anggaran penanganan Covid-19 termasuk antara lain untuk pengadaan masker jelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Bupati dan Wakil Bupati Banggai tahun 2020 kemarin. Hal itu masih dipertanyakan salah satunya dari Juru Bicara Fraksi Golkar, Irwanto Kulap saat menghadiri Rapat Paripurna Penyampaian Pengantar LPJ Bupati dan Wabup atas pelaksanaan APBD 2020, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, hasil konfirmasinya ke pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai bahwa pengadaan masker pada pemilihan kemarin murni bersumber dari anggaran KPU. Dan bukan dari anggaran di Dinkes Banggai.

Oleh sebab itu, ia mengusulkan kepada pimpinan Rapat Paripurna agar tetap menghadirkan Kepala OPD agar dapat menjelaskannya secara langsung.

Herwin Yatim

Sementara itu, Bupati Banggai Herwin Yatim sempat menjawab pertanyaan Fraksi Golkar. Bahwa terkait penggunaan anggaran di OPD misalnya anggaran untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD). Dirinya telah menyampaikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk memeriksa seluruh lembaga yang menggunakan keuangan negara, agar jangan sampai terjadi duplikasi pembiayaan. (SOF)

Tinggalkan Komentar