TNI-Polri Pantau Puluhan Rumah Warga Bunta Terdampak Banjir

TNI-Polri memantau rumah warga bunta yang terendam banjir. (FOTO: HUMAS POLRES BANGGAI)

BANGGAINEWS.COM- Polisi dan TNI terjun memantau dua kelurahan dan lima desa yang dilanda musibah banjir di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sabtu (30/07/2022).

Adapun wilayah yang dilanda banjir adalah tiga lingkungan di Kelurahan Kalaka dan Salabenda, Desa Kalumbangan, Bohotokong dan Polo.

“Ketinggian air mencapai 50 sentimeter. Ini akibat curah hujan yang cukup tinggi yang turun sejak pukul 11.00 hingga 15.30 Wita” ungkap Kapolsek Bunta Iptu Nanang Afrioko SH, MH.

Banjir tersebut diakibatkan aliran air atau saluran drainase yang tidak mampu lagi menampung sehingga air naik hingga ke jalan da  rumah warga.

BACA JUGA:   Hadiri Rakor Lintas Sektor dengan Kementerian ATR/BPN, Bupati Banggai Siapkan Raperbup RDTR untuk Kawasan Perkotaan Luwuk 

“Sekitar 53 rumah warga yang terdampak banjir diantaranya 5 rumah di Desa Kalumbangan, 10 rumah di Desa Bohotokong, 10 rumah di Desa Polo dan 28 rumah di Kelurahan Kalaka,” bebernya.

Bukan hanya rumah warga, banjir juga menggenangi sejumlah fasilitas umum lainnya diantaranya MTs Kalumbangan, kantor desa dan Pustu Bohotokong,  halaman SMU Negeri 1 Bunta Kelurahan Kalaka serta jalan umum desa Bohotokong.

“Tidak ada korban jiwa dan kerugian materil. Situasi kamtibmas masih aman dan kondusif,” sebutnya.

BACA JUGA:   Kesehatan Tahanan Polres Banggai Diperiksa

Dalam pemantauan itu, kata Nanang, pihaknya bersama TNI mengimbau masyarakat agar tidak panik namun selalu waspada jika sewaktu-waktu hujan kembali turun.

“Sampai dengan pukul 23.00 Wita pasca hujan berenti air yang menggenangi rumah warga sudah berangsur surut,” tandasnya.

(CR2/*)

%d blogger menyukai ini: