Bupati Banggai Lantik Empat Pejabat Eselon III

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai, Herwin Yatim mengangkat dan melantik empat pejabat Eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, pada rotasi yang dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Banggai di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai, Rabu (22/4/2020) siang tadi.

Adapun keempat pejabat yang dirotasi, masing-masing Abdullah Abubakar dari jabatan lama sebagai Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjadi Inspektur Pembantu (Irban) IV Inspektorat Daerah Kabupaten Banggai. Junaedi Sibay dari jabatan lama sebagai Irban IV Inspektorat Daerah menjadi sebagai Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banggai.

Selanjutnya, Arsyad Tamanggola dari jabatan lama sebagai Camat Bunta menjadi Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai. Dan terakhir, M Idham Halid dari jabatan lama sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi Camat Bunta.

Rotasi pejabat lingkup Pemkab Banggai tersebut kembali dilaksanakan, diduga seiring masih adanya penundaan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 ini akibat adanya pandemi Covid-19.

Pasalnya, jika tahapan Pilkada tak ada penundaan termasuk penetapan pasangan calon (paslon) pada 8 Juli 2020 nanti. Maka para Kepala Daerah yang kembali mengikuti kontestasi politik, enam bulan sebelum tiba waktunya penetapan paslon memang dilarang mengangkat dan melantik pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga, jika tahapan Pilkada sudah resmi ditunda dan nantinya diputuskan opsi 1 (Desember 2020) atau opsi 2 (Maret 2021) ataukah opsi 3 (September 2021). Untuk itu, larangan tersebut dianggap sudah tidak berlaku lagi karena menuju tahapan sampai penetapan paslon belum pasti.

Sayangnya, Kepala BKPSDM Banggai, Soffian Datu Adam yang berusaha dikonfirmasi terkait hal itu melalui sambungan telepon maupun pesan WhatsApp di Nomor 0852 1833 xxxx. Meski telah terlihat contreng dua warna hitam yang menandakan pesan sudah masuk. Hingga berita ini ditayangkan belum bersedia memberikan keterangan kepada awak media ini.*SOF

Tinggalkan Komentar