Bupati Tinjau Bangunan di Sungai Toili yang Jebol Akibat Banjir

BANGGAI DAERAH NEWS

BANGGAINEWS.COM- Bupati Banggai H Amirudin didampingi Wakil Bupati Banggai H. Furqanuddin M serta Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas TPHP, Kepala Dinas BPBD Dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup melakukan monitoring Sungai Toili tepatnya Bangunan Spillway atau Bangunan Pelimpah, Pembagi Arus ke sungai Mansahang yang jebol akibat bencana banjir yang diguyur hujan sejak 28 sampai dengan 30 Mei di Desa Arga Kencana, Jumat (11/6/2021).

Banjir tersebut mengakibatkan
tidak mengalirnya air ke arah sungai mansahang,dan pada hilir sungai dan bendung Toili kekeringan serta tidak dapat mengaliri lahan sawah jaringan kiri dan kanan seluas 4.410 Ha.

Sementara ini area persawahan tersebut sedang dalam pengolahan yang nantinya dimungkinkan menyebabkan gagal tanam pada musim tanam kedepan.

Setelah meninjau lokasi, Bupati Amirudin menginstruksikan kepada OPD terkait PUPR, BPBD, TPHP dan DLH, untuk segera mengambil langkah penanggulangan darurat demi kebutuhan petani yang menggunakan manfaat air irigasi tersebut.

“Kepada dinas PUPR Serta Beberapa dinas terkait untuk segera mengambil langkah cepat untuk mengatasi persoalan ini, minimal selesai dalam 1 minggu kedepan. Sehingga Area sawah yang terdampak dapat segera teraliri,” ucap Bupati disela kunjungannya.

(RED/*)

Tinggalkan Komentar