Cuaca Ekstrem yang Terjadi di Bangkep Akibatkan Pohon Kelapa Tumbang

Personel gabungan TNI-Polri bersama masyarakat saat membersihka pohon kelapa tumbang di Desa Oluno Kecamatan Bulagi, Senin (22/8/2022). (FOTO: ISTIMEWA)

BANGGAIINEWS.COM- Aparat gabungan TNI-Polri di Bulagi bersinergi bersihkan pohon kelapa tumbang yang menyebabkan sebagian jalan Trans Peling, Desa Oluno, Kecamatan Bulagi, tidak dapat dilewati kendaraan.

Cuaca ekstrem terjadi di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) pada Senin (22/8/2022). Dimana terjadi curah hujan dengan intensitas tinggi atau lebat disertai angin yang bertiup kencang.

Kapolsek Bulagi IPDA Muh. Ruhil Newton Sugiarto, SH, saat di konfirmasi oleh awak media menyampaikan bahwa memang benar kemarin di wilayah hukum Polsek Bulagi yang meliputi 3 Kecamatan.

Yakni Kecamatan Bulagi, Kecamatan Bulagi Utara, dan Kecamatan Bulagi Selatan, telah terjadi hujan yang deras dengan durasi yang agak lama dan disertai angin kencang.

“Menyikapi hal tersebut sebagai upaya penanggulangan bencana di wilayahnya, personil Polsek Bulagi yang di pimpin oleh Kapolsek Bulagi melaksanakan patroli guna memantau wilayah dan masyarakat agar dapat melakukan upaya kepolisian guna penangganan bencana kedaruratan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan,” ucapnya.

BACA JUGA:   Lagi, Rapat Bahas Permasalahan PT Prima dan Warga Siuna Hanya Hasilkan Kesepakatan Baru

Pada saat Kapolsek Bulagi bersama anggota melakukan Patroli melewati ruas Jalan Trans Peling tepatnya di Jalan Desa Oluno, Kecamatan Bulagi, Kabupaten Banggai Kepulauan, menemukan adanya pohon kelapa yang tumbang yang menutup sebagian jalan raya sehingga tentunya menghambat arus lalu lintas karena sebagian ruas jalan tidak dapat di lewati.

Kapolsek Bulagi bersama anggota dan juga Personil Koramil 1308 Bulagi yakni Sertu J.S. Karim yang merupakan anggota Bhabinsa bersama-sama melakukan pembersihan ruas jalan yang tertutup oleh pohon kelapa yang tumbang dengan menggunakan peralatan golok dan kampak, agar dapat memangkas dan memotong pokok daun serta batang kelapa.

Kemudian di singkirkan dari jalan, selang 15 menit kemudian pembersihan selesai dilaksanakan. Sehingga, arus lalin di jalan tersebut berangsur-angsur kembali normal.

“Hal ini dapat terlihat sebagai salah satu contoh wujud dari sinergitas antara TNI dan Polri di Kecamatan Bulagi dan tentunya kegiatan bersama juga telah sering dilaksanakan guna terciptanya Kamtibmas dan Suksesi Program Pemerintah,” ujar Kapolsek Bulagi.

BACA JUGA:   Nambo Dalam Lingkar Kepentingan: Dari Siapa, Oleh Siapa, Untuk Siapa?

Sementara itu Kepala Desa Oluno Sahdin T. Yodama memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolsek Bulagi bersama personil dan anggota Bhabinsa yang telah membantu masyarakat Desa Oluno, Kecamatan Bulagi terkait pembersihkan pohon kelapa tumbang yang menyebabkan sebagian jalan trans peling Desa Oluno, Kecamatan Bulagi tidak dapat di lewati.

“Luar biasa sinergitas antara TNI bersama Polri dan masyarakat di Kecamatan Bulagi, tentunya ini sangat diharapkan oleh masyarakat dikarenakan banyak membawa dampak yang positif bagi pembangunan dan kesejahteraan di masyarakat,” tutup Kades Oluno.

(ABD)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: