DD di Banggai Tersalurkan Rp 224 Miliar, 62 Desa Sedang Proses Pencairan Tahap III

BANGGAINEWS.COM- Realisasi keuangan desa (Keudes) di Kabupaten Banggai tahun anggaran 2020 ini khususnya Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN, persentase penyalurannya sudah cukup signifikan.

Dimana dari total alokasi DD senilai Rp 234 miliar lebih untuk 291 desa se Kabupaten Banggai. Sejumlah 229 desa yang sudah sampai pada penyaluran tahap III atau yang terakhir, persentase 100 persen dengan total senilai Rp 224 miliar lebih. Sehingga, persentase keseluruhan jumlah desa sudah 80 persen. Dan tersisa senilai Rp 10 miliar lebih atau 20 persen untuk 62 desa yang hingga kini masih dalam proses pengajuan berkas atau dokumen persyaratan penyaluran.

Hal ini diungkapkan beberapa staf Bidang Penyelenggaraan Pemdes, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai kepada awak media ini, Selasa kemarin.

Adapun mekanisme penyalurannya, sambung mereka, bahwa seluruh persyaratan dimasukkan ke DPMD untuk diproses dengan melampirkan surat pengantar dari BPKAD. Selanjutnya apabila sudah lengkap dan tak ada terjadi kesalahan, maka akan langsung diupload ke dalam sistem.

Setelah itu dimintakan kembali surat pengantar dari BPKAD, kemudian dilakukan penyaluran dengan ditransfer dari KPPN ke rekening desa masing-masing.

Sementara itu saat ditanya terkait data progres realisasi keuangan desa lain, yakni Alokasi Dana Desa (ADD) dan Pajak Daerah Retribusi Daerah (PDRD)? Menurut mereka, staf yang menanganinya khusus masih keluar. Olehnya, mereka menyarankan untuk nanti silahkan dicek kembali.*SOF

Tinggalkan Komentar