Dua Lagi Pejabat Menyusul Diangkat Jadi Plt

BANGGAI NEWS

BANGGAINEWS.COM- Jika sebelumnya dua Camat yang pada masa kepemimpinan Bupati Banggai lama, Herwin Yatim diangkat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) di dua OPD. Masing-masing Camat Toili Andi Rustam Petasiri sebagai Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Camat Pagimana Sumitro Balahanti sebagai Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banggai.

Dan seperti diketahui, pada H+3 pasca dilantik Bupati Banggai yang baru, Amirudin menggantikannya dengan Plt baru. Dimana masing-masing Syafrudin Hinelo atau yang biasa dipanggil Didi Hinelo diangkat menjadi Plt baru menggantikan Andi Rustam Petasiri. Dan Jamhar Basir diangkat menjadi Plt baru menggantikan Sumitro Balahanti.

Pada Senin siang (14/6/2021) tadi, menyusul dua lagi. Masing-masing Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kini dijabat Yori Muh Ntoi menggantikan Ramli Hasan yang kini sebagai pejabat definitif Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) . Dan Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik kini dijabat Wahyudi Nasir, mengisi kekosongan pasca tidak diperpanjangnya Plt Pupung Diliyanto yang kini sebagai pejabat definitif Kabag Organisasi Setdakab Banggai.

Asisten III, Ramlin Hanis dalam sambutannya saat penyerahan Surat Perintah Tugas (SPT) berpesan kepada para pejabat, agar bekerjalah secara profesional dan sebaik-baiknya.

“Untuk penilaian kinerja serahkan nanti pimpinan yang menilai,” ujar Asisten Ramlin, pejabat putra asli Batui yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juli 2021 nanti.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Soffian Datu Adam menyatakan, dua Plt yang diangkat masing-masing Yori Muh Ntoi sebagai Plt Kepala Dispendukcapil. Dan tadi pagi, Wahyudi Nasir sebagai Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Ia menjelaskan, Staf Ahli Bupati bidang tersebut diisi karena terjadi kekosongan pasca sebelumnya diisi Pupung Diliyanto. Hanya saja, sejak April sudah tidak diperpanjang, dan Pupung kembali sebagai pejabat definitif Kabag Organisasi Setdakab Banggai.

“Jadi sejak pagi agenda BKPSDM bersama Asisten III menyerahkan SPT masing-masing Plt Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, serta Plt Kepala Dispendukcapil. Dan sudah selesai,” terang Kaban Soffian yang ditemui banggainews.com usai menghadiri agenda tersebut.

Disinggung terkait masih adanya Plt lain yang belum diganti? Kata Kepala Bidang (Kabid) Mutasi yang biasa disapa Adi, bahwa belum. Jadi untuk sementara masih sebatas empat Plt.

“Kalau memang ada perintah pimpinan untuk segera dieksekusi. Kami BKPSDM intinya siap melaksanakan,” tandas Kaban Soffian lagi. Hanya saja, sambil ia berharap, mudah-mudahan jangan sampai termasuk dirinya.

Terpisah, Plt Kepala Dispendukcapil yang baru, Yori Muh Ntoi saat dikonfirmasi terkait kapan dirinya mulai efektif berkantor. Kata dia, tentu besok mulai berkantor.

Sementara saat dtanya terkait apa yang dibahas bersama di ruang kerja Sekretaris Dispendukcapil terlihat tadi pasca agenda penyerahan SPT sebagai Plt? Menurutnya, hanya sekedar untuk mengetahui sekaitan dengan rencana pelaksanaan program Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birorasi Bersih Melayani (WBK dan WBBM) di Dispendukcapil.

“Yaitu sebagai langkah awal pasca serah terima. Dan besok barulah kami rapat internal Dispendukcapil,” ujar Plt Yori.

Selain itu, iapun menjelaskan, meski dirinya memang merupakan mantan Sekretaris Dispendukcapil pada tahun 2008-2009. Namun, tetap membutukan kerjasama dan dukungan dari Sekretaris termasuk juga seluruh staf Dispendukcapil. Sehingga, terjadi sinergitas dan kerja tim.

“Kalau pelaksanaan program ZI memang perlu terus dimaksimalkan karena selalu dievaluasi. Dengan begitu, bisa dicapai WBK dan WBBM di Dispendukcapil,” tutup pejabat definitif Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Banggai itu.

(SOF)

Tinggalkan Komentar