Kapolsek Bulagi Hadiri Kegiatan ‘Mangatamat’ di Mesjid Al-Furqan

BANGGAINEWS.COM- Kapolsek Bulagi IPDA Muh Ruhil Newton Sugiarto SH bersama unsur Tripika Kecamatan setempat menghadiri kegiatan penghataman Al-Qur’an atau dalam bahasa daerah Banggai disebut “Mangatamat” di Mesjid AL FURQAN Kelurahan Bulagi 1 (Satu), Kecamatan Bulagi, Kabupaten Banggai Kepulauan, Jumat (29/42022) sekitar pukul 21.30 WITA.

Penghataman Al-Qur’an (Mangatamat) Di Mesjid-Mesjid yang ada di wilayah Kecamatan Bulagi bersaudara selama bulan Ramadhan umumnya dilaksanakan sebanyak 3 (Tiga) kali. Dimana dilaksanakan setiap malam ke 10 Ramadhan atau lebih, dan kegiatan Mangatamat kali ini merupakan kegiatan Mangatamat yang ke 3 atau 10 malam terakhir yang dilaksanakan dengan penuh rasa kegembiraan dan sukacita oleh masyarakat warga setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kapolsek Bulagi IPDA MUH. RUHIL NEWTON SUGIARTO, SH, Camat Bulagi Nani Orab, S.Pd, SH, M.Si, Ketua KUA Kec. Bulagi, Babinsa Sertu J.S.Karim, Para Tokoh Agama Kec. Bulagi, Para Tokoh Masyarakat Kec. Bulagi dan Jemaah Masjid.

BACA JUGA:   Nambo Dalam Lingkar Kepentingan: Dari Siapa, Oleh Siapa, Untuk Siapa?

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Bulagi yang akrab di sapa Asoka, menyampaikan beberapa pesan kepada para jamaah dan masyarakat. Diantaranya bahwa kegiatan ini merupakan suatu kebiasaan ritual keagamaan yang telah menyatu dan melekat erat di tengah-tengah masyarakat.

“Ini sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan sejak dahulu kala. Kegiatan ini juga adalah bentuk siar agama Islam dengan mengedepan budaya-budaya dan kearifan lokal yang banyak mengandung filosofi dan nilai yang baik”, ujarnya Kapolsek.

Sambung Ruhil, filosofi dan nilai yang terkandung dalam kegiatan Mangatamat ini sangat besar maknanya bagi kemajemukan umat. “Nilai-nilai budaya gotong royong dan memunculkan rasa empati antar sesama serta silaturahmi yang konfrehensif”, sambungnya.

Ditambahkan pula bahwa dalam beberapa hari kedepan kita akan melaksanakan hari raya Idhul Fitri 1443 H / 2022. Ia meminta agar momen tersebut harus dimanfaatkan dengan baik dan juga sebagai ajang silaturahmi serta saling maaf memaafkan antar sesama.

BACA JUGA:   Dinas Perikanan Banggai Gelar Pasar Ikan Murah Tekan Inflasi Dampak Naiknya BBM

“Mari bersama-sama kita jaga dan rawat kebhinekaan yang ada di wilayah Kecamatan Bulagi. Sehingga tetap menjadi satu kesatuan yang utuh dan kokoh dalam bingkai persaudaraan dan kesetaraan serta kebersamaan. Mari kita lestarikan dan rawat terus tradisi dan kearifan lokal budaya dan agama kita di Bumi Tano Monondok Ini. Banyak hikmah dan nilai yang ada dalam kegiatan penghataman Al-Qur’an (Mangatamat) ini,” tutup Kapolsek Ruhil.

Setelah kegiatan Penghataman Al-Qur’an (Mangatamat) selesai dilanjutkan dengan makan bersama dan kegiatan berakhir pukul 22.30 WITA, dalam keadaan aman dan lancar.

(ABD)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News

%d blogger menyukai ini: