ODP Covid-19 di Banggai Bertambah

LUWUK-BANGGAINEWS.COM. Jumlah warga berstatus  orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Banggai bertambah tiga orang, sehingga menjadi enam orang. Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) satu orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banggai, Nurmasita Datu Adam dalam siaran persnya Kamis (26/3/2020) menjelaskan, sebelumnya ada empat orang ODP di Kabupaten Banggai, namun satu orang telah dinyatakan sehat. Sementara itu, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) satu orang.

“Satu ODP telah melewati masa inkubasi selama 14 hari dan dinyatakan sehat, sehingga jumlah ODP saat ini enam orang” ungkap Jubir Nurmasita seperti dilansir dari Grup WhatsApp, Media Center Covid-19, pukul 15.39 Wita, Kamis sore kemarin.

Selain itu, ia juga menjelaskan terkait langkah-langkah yang telah dilakukan oleh mereka yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19. Bahwa, Bupati memimpin langsung gugus tugas Covid-19 melakukan penyambutan penumpang Tilongkabila yang turun di Luwuk. Sejumlah 290 penumpang begitu turun langsung dilakukan pemeriksaan suhu, kemudian masuk ke bilik sterilisasi, lalu disemprot dengan desinfektan, dan terakhir cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

Dan terakhir, Jubir Nurmasita juga mengungkapkan, mereka telah mendistribusikan handscoen dan masker bantuan Pemda di petugas Puskesmas.

Selanjutnya menjawab salah satu pertanyaan awak media terkait status perkembangan kesehatan yang PDP itu bagaimana? Apakah suhu tubuhnya sudah menurun atau masih tetap. Kedua, sampel dahak yang diuji laboratorium apakah sudah terkirim atau belum? Katanya, untuk sampelnya sudah terkirim.

Sementara menjawab sekaitan dengan 290 penumpang yang turun dari KM Tilongkabila, apakah didata riwayat perjalanannya atau tidak, dan seterusnya? Masih kata Jubir Nurmasita, bahwa tetap dilakukan pemantauan oleh Tim Surveilans Puskesmas selama 14 hari.

“Tetap dilakukan pemantauan oleh tim surveilans puskesmas selama 14 hari, kalau ada gejala segera menghubungi call center. Mereka belum dinyatakan sebagai ODP,” tutupnya.*SOF

Tinggalkan Komentar