Pemkab Banggai Sangat Konsen dengan Sektor Pemenuhan Pangan

BANGGAINEWS.COM Bupati Banggai, Herwin Yatim menyampaikan, dalam situasi tak menentu Covid-19 ini Pemkab Banggai sangat konsen dengan sektor pemenuhan pangan. Kita berharap dengan panen raya di Kecamatan Toili ini, dan ketersediaan pangan di Bulog ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Banggai untuk beberapa bulan kedepan.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan Teleconference bersama Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo dalam rangka panen raya Padi dan Jagung dibeberapa daerah penghasil beras di Kabupaten Banggai, usai menutup kegiatan TMMD ke 107 di Desa Samalore bersama Wabup Mustar Labolo, Selasa (14/4/2020).

Bupati Herwin melanjutkan, ia bersama Wabup Mustar juga melalui Tim Satgas Pangan akan meninjau langsung ketersediaan stok di Perum Bulog Luwuk. Dan melalui Satgas Covid-19 di Kecamatan Nuhon, dan Toili Barat. “Kami akan mengecek dan memantau pergerakan beras dan gula keluar daerah. Khususnya daerah perbatasan dan tol laut. Kita prioritaskan dulu ketersediaan pemenuhan pangan daerah kita, kemudian kita berbagi ke kabupaten tetangga. Hal ini kami lakukan untuk menjaga stabilitas pangan masyarakat Kabupaten Banggai,” kata orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu.

Pada teleconference tersebut Mentan Syahrul ingin membuktikan secara riil bahwa semua sedang melakukan panen raya. Maka dari itu, Mentan menyapa seluruh petani di Kabupaten yang sedang melakukan panen raya melalui video conference di ruang Rapat AWR. “Kami ingin buktikan bahwa riil memang semua sedang panen, bukan hanya angka-angka di atas kertas saja,” ujar Mentan Syahrul dalam keterangan tertulis seperti dilansir dari rilis Kabag Humas dan Protokol Setdakab Banggai, Ferry R Ledder melalui Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Indra Kurniawan, Rabu malam tadi.

Pada teleconference antara Bupati Herwin dengan Mentan Syahrul menggambarkan kondisi riil di 332 titik yang sedang panen raya Padi dan Jagung. Selain, 12 Bupati juga turut bergabung pada video conference tersebut. Diantaranya, Bupati Serdang Bedagai, Banyuasin, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Cianjur, Balangan, Barru, Konawe Selatan, Sumbawa Barat, Dompu, dan Nagekeo.

Turut hadir bersama Bupati Herwin dan Wabup Mustar, Ketua DPRD Banggai Suprapto, Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, Kejari Banggai Masnur, Danposal Luwuk, Kepala DTPHP Usman Suni, Kepala OPD atau yang mewakili, Para Camat, dan warga yang berprofesi sebagai petani Kecamatan Toili yang sedang melakukan panen raya.*SOF

Tinggalkan Komentar