BANGGAIDAERAHNEWS

26.000 Ketupat dan Menu Khas Lebaran Manjakan Masyarakat di Halalbihalal Pemkab Banggai

BANGGAINEWS.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai menggelar kegiatan Halal Bi Halal dan Festival Ketupat di pelataran Masjid Agung An-Nur Luwuk, Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, pada Sabtu (14/5/2022). 

Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 Wita itu, menyediakan kurang lebih 26.000 ketupat yang terbagi di beberapa stand beserta menu makanan khas lebaran lainnya.

Masing-masing stand dikelola oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga vertikal, instansi pendidikan dan perwakilan setiap kecamatan. Tidak sedikit pula, menurut amatan Tim Liputan DKISP Banggai, stand-stand yang ditempati BUMN, perusahaan swasta dan organisasi masyarakat. Secara keseluruhan, jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 83 kelompok. 

Sejak pagi hingga menjelang sore, halaman Masjid Agung An-Nur Luwuk dipadati Masyarakat Kabupaten Banggai yang ingin menyantap ketupat dan hidangan lainnya, atau sekedar ingin menyaksikan penampilan duet artis religi ibu kota, Sayyid Zulfikar dan Veve Zulfikar atau mendengarkan siraman rohani yang disampaikan dai kondang Indonesia, Dr. KH. Reza Ahmad Said, LC., MA. 

BACA JUGA:   Puluhan Murid TK Kemala Bhayangkari Sambangi Satlantas Polres Banggai

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu panitia mengumumkan para pemenang lomba pawai obor yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu (1/5/22). Dinas Pemuda dan Olahraga Banggai meraih juara pertama pada kategori OPD dan instansi, SMP Negeri 3 Luwuk menjadi pemenang pada kategori sekolah, sedangkan untuk kategori organisasi dijuarai oleh Komunitas Tekupak. Hadiah bagi para jawara, secara bergantian diserahkan oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai yang hadir. 

Selain Halal Bi Halal dan Festival Ketupat, di waktu dan lokasi yang sama, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai me-launching program bertajuk “One Day No Rice” yang ditandai secara simbolis dengan pelepasan balon oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin. 

BACA JUGA:   3 Orang Luka-luka, Begini Kronologis Lengkap Kecelakaan Pick UP di Jembatan Kalumbangan!

Menurut keterangan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai, Alfian Djibran, acara yang mengangkat tema “Merajut Ukhuwah dalam Kemenangan” itu dilaksanakan oleh Pemkab Banggai bekerja sama dengan PHBI dan Dewan Masjid Kabupaten Banggai, serta didukung oleh Kejaksaan Negeri, Kantor perwakilan Kementrian Agama, Polres Banggai, Kodim 1308/LB, Nahdlatul Ulama dan Komunitas Bikers Subuhan. 

Bupati Banggai dalam sambutannya, mengingat supaya jangan ada lagi dendam, dengki dan iri hati antara sesama masyarakat Kabupaten Banggai. 

“Mudah-mudahan setelah berhalal bihalal, yang tadinya ada saling sengketa, dendam dan iri hati dapat terselesaikan, semoga semuanya disini dapat saling memaafkan dan berlapang dada,” jelas Ir. H. Amirudin di akhir pidatonya. 

BACA JUGA:   Warga Desa Siuna Pagimana yang Merasa Dipermainkan Gelar Aksi Mengingatkan PT Prima Untuk Kedua Kalinya

Turut hadir pula menyemarakan kegiatan bersama masyarakat Kabupaten Banggai, Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanudin Masulili, Pimpinan dan Anggota DPRD Banggai, Sekretaris Daerah beserta kepala-kepala OPD, Unsur Forkopimda Banggai, pimpinan-pimpinan organisasi keagamaan, lembaga vertikal, BUMN, BUMD dan perguruan tinggi.

(RED/*)

Dapatkan informasi lainnya di Googlenews, klik: Banggai News