Bupati dan Wabup Banggai Monitoring Posko Pemeriksaan Kesehatan Perbatasan dengan Morut

TOILI BARAT-BANGGAINEWS.COM. Bupati Banggai, Herwin Yatim bersama Wakil  Bupati (Wabup), Mustar Labolo meninjau sekaligus memonitoring Posko Pemeriksaan Kesehatan di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Morowali Utara (Morut), tepatnya di Desa Kramat, Kecamatan Toili Barat, Rabu (1/4/2020).

Tujuan monitoring tersebut, yaitu untuk mengecek langsung kesiapan alat dan personil Posko Kesehatan Perbatasan, dan memastikan pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas sudah berjalan optimal, serta sesuai SOP Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Bupati Herwin pada kesempatan itu menyampaikan kepada Tim Gugus Tugas dan masyarakat sekitar, bahwa Posko Pemeriksaan Kesehatan Perbatasan ini merupakan tindakan preventif Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai, untuk mencegah masuknya atau merebaknya Covid-19 di Kabupaten Banggai.

 “Kita harus waspada terkait perkembangan penularan virus ini. Olehnya kita mengisolasi daerah perbatasan. Hal ini juga berdasarkan Instruksi Gubernur untuk membatasi pergerakkan keluar masuk orang di daerah perbatasan Kabupaten dan Kota se Sulawesi Tengah,” terang orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu seperti dilansir dari rilis Kabag Humas dan Protokol Setdakab Banggai, Ferry R Ledder melalui Kasubag Dokumentasi Pimpinan, Indra Kurniawan.

Bupati Herwin juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Banggai, untuk selalu mendisiplinkan diri tentang kesehatan. Yaitu dengan sering mencuci tangan, menjaga kebersihan, melaksanakan social distancing atau menjaga jarak, berolahraga secara mandiri, berjemur di matahari pagi, dan meningkatkan imunitas tubuh kita. Sehingga, bisa menjadi antibody yang efektif untuk menangkal virus itu sendiri.

Selanjutnya, Bupati Herwin dan Wabup Mustar memeriksa kesiapan Tim Gugus Tugas Perbatasan yang terdiri dari unsur Kecamatan Toili Barat, Polsek, TNI, Petugas Kesehatan, dan Relawan, Perlengkapan Pemeriksaan Kesehatan, dan SOP Pemeriksaan Kesehatan.

Bupati dan Wabup memberikan apresiasi yang luar biasa atas kerja keras Tim Gugus Tugas Perbatasan dan Tim Gugus Tugas Kabupaten pada umumnya, karena telah bekerja tanpa mengenal lelah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan berkah atas tugas-tugas mulia ini. Dan juga semoga masyarakat Kabupaten Banggai selalu dalam lindungan Allah SWT. *SOF

Tinggalkan Komentar