Cegah Penyebaran Covid-19, Disdik Banggai Wajibkan Pegawainya Berjemur Matahari

BANGGAINEWS.COM. Menyikapi penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang masih terus menyebar dengan cepat diberbagai wilayah Indonesia, termasuk diduga telah sampai di wilayah Kabupaten Banggai. Pihak Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banggai, sejak pekan kemarin nampaknya kian meningkatkan kewaspadaan dini.

Jika sebelumnya seperti diketahui, pihak Disdik telah mendorong terbitnya Surat Edaran (SE) tentang perpanjangan masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap para siswa jenjang pendidikan PAUD, SD, dan SMP atau Sederajat di Kabupaten Banggai hingga 24 April mendatang.

Dari pantauan awak media ini, Selasa (31/3/2020) kemarin, dinas yang menaungi para Kepala Sekolah (Kasek), Guru, dan Tenaga Pendidik jenjang pendidikan tersebut kian mengoptimalkan berbagai cara sederhana, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor tersebut.

Cara sederhana yang tampaknya telah dilakukan, selain secara rutin memastikan tempat kerja mereka itu bersih. Juga telah membiasakan setiap pegawai untuk rajin mencuci tangan pada air mengalir, menggunakan masker, serta menyediakan tisu. Bahkan tak hanya itu, baik pegawai atau ASN maupun Non PNS telah membiasakan diri sekira 15 menit berjemur matahari.

Kadisdik, Nurdjalal yang ditemui disela-sela berjemur matahari yang membaur dengan para stafnya menyatakan, bahwa cara sederhana termasuk meluangan waktu sekira 15 menit berjemur matahari sejak pekan kemarin itu. Tidak saja diwajibkan kepada jajaran, dan para stafnya. Namun juga diwajibkan kepada para tamu yang hendak berurusan di kantor dinas mereka.

 “Hal ini kami berlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab, meskipun lingkungan kerja kami ini termasuk seperti meja kerja, unit computer, dan lainnya, setiap hari sudah berupaya kami pastikan bersih. Namun, karena adanya virus yang dibawa dari luar maka tetap saja bisa menyebar kepada kami yang memberikan pelayanan,” kata mantan Kabag Hukum dan Perundang-Undangan serta Plt Kasat Pol PP Kabupaten Banggai itu, Selasa siang kemarin.

Dan saat disinggung apakah tempat duduk tamu yang saat itu sudah diletakkan di luar ruangan, tepatnya di belakang kantor mereka itu dipastikan bersih? Kata dia, insya Allah bersih. Alasannya, sudah pernah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan yang diharapkan dapat membunuh kuman yang tak terlihat dan berpotensi berada di sekitar kita.*SOF

Tinggalkan Komentar