Gelar ‘Coffee Morning’, Kapolres dan Gakkumdu Banggai Diskusi Bahas Pilkada Serentak

BANGGAINEWS.COM- Kapolres AKBP Satria Adrie Vibrianto, SIK, MH, melaksanakan agenda kegiatan Coffee Morning sekaligus diskusi membahas Pilkada Serentak 2020 bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), unsur Kepolisian dan Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Banggai di Aula Rupatama, Mapolres Banggai, Kamis (18/6/2020) siang tadi.

Seperti diketahui, pasca sempat ditunda akibat pandemi Covid-19. Lanjutan tahapan Pilkada Serentak (Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, Bupati dan Wakil Bupati Banggai) tahun 2020, sudah efektif dimulai kembali pada Senin (15/6/2020) setelah diundangkannya PKPU Nomor 5 Tahun 2020.

Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Satria mengatakan, untuk mensukseskan Pilkada Serentak Banggai tahun 2020 di Kabupaten Banggai seluruh pihak baik penyelenggara maupun pengawasan harus bekerjasama yang baik. Yaitu dengan terus menjalin komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi. “Untuk menciptakan Pilkada yang aman dan lancar sesuai aturan-aturan, kita harus bekerja secara professional sesuai tupoksi kita,” ujar perwira dua melati itu.

Selanjutnya disela-sela diskusi dengan Bawaslu dan unsur Kejaksaan, Kapolres AKBP Satria mengimbau, agar dapat mendeteksi sedini mungkin potensi permasalahan yang akan terjadi. Sehingga, bisa mengambil langkah-langkah dalam menyikapinya. “Dalam menghadapi pesta demokrasi, tidak boleh ada kepentingan politik. Sehingganya sering saya ingatkan kepada anggota saya, bahwa netralitas harga mati. Karena tanggung jawab kita semua yakni mensukseskan Pilkada yang aman, damai, dan sejuk,” terang mantan Komandan Kontingen Individual Police Officer (IPO) Indonesia pada misi perdamaian PBB di daerah konflik Sudan itu.

Kalaupun ada permasalahan, sambungnya, tak ada permasalahan yang tak dapat diselesaikan selama kita semua bersedia duduk bersama untuk menyamakan persepsi guna mencarikan solusi. “Konsepnya, kita tidak mencari perbedaan. Namun mencari persamaan,” ucap Kapolres AKBP Satria.

Sementara itu saat dikonfirmasi awak media ini terkait ketidakhadiran satupun komisioner KPU Banggai. Padahal yang dibahas pada diskusi disela-sela Coffee Morning itu sepertinya terkait teknis penyelenggaraan Pilkada Serentak. Orang nomor satu di Polres Banggai itu mengakui bahwa memang ada divisi teknis di KPU Banggai. Sehingga pada kegiatan itu sebetulnya juga turut mengundang KPU Banggai.

Hanya saja, ketidakhadiran komisioner KPU juga bisa dipahaminya. Karena berdasarkan informasi yang disampaikan pihak KPU, bahwa di waktu yang bersamaan komisioner ada mengikuti zoom meeting dengan KPU RI. Meski demikian dengan adanya rangkaian Pilkada Serentak, masih kata mantan Kasat Intelkam Polrestabes Makassar itu, bahwa pihaknya akan terus mengupayakan untuk selalu menjalin silaturahmi dengan semua komponen yang ada hubungannya dengan rencana pelaksanaan Pilkada Serentak.

“Sehingga pemahaman bagi penyelenggara, pengawas, penegak hukum, masyarakat, semuanya mendapat satu pemahaman yang sama. Bahwa kita berusaha untuk yang terbaik bagi masyarakat. Mulai dari profesionalisme. Profesionalisme yang kemudian bisa kita pertanggungjawabkan, bisa kita duduk bersama apabila ada potensi-potensi permasalahan. Kemudian bisa kita carikan solusi yang terbaik untuk apa yang akan kita hadapi. Endingnya, pada saat nanti pelaksanaan insyaAllah dalam keadaan aman, nyaman, masyarakat semua puas,” harap Kapolres AKBP Satria saat dikonfirmasi usai kegiatan itu.

Terpisah, Komisioner Divisi Teknis KPU Banggai, Makmur Manesha yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengatakan, informasinya tak jadi kegiatan tersebut. “Infonya katanya tidak jadi kegiatanya. Baru saya kurang sehat,” kata dia.

Lagi pula, masih kata Makmur, bersamaan waktunya dengan kegiatan mereka. “Tabrakan dengan kegiatan KPU Banggai ada penyerahan data pemilih pemula tambahan oleh KPU RI secara daring,” sambungnya kepada awak media ini.*SOF

Tinggalkan Komentar