BANGGAI

Angka Kemiskinan di Kabupaten Banggai Turun 1,3 Persen

LUWUK-BN. Angka kemiskinan di Kabupaten Banggai dari yang sebelumnya 9,1 persen, kini menjadi tersisa 7,8 persen. Hal ini berdasarkan pemaparan tentang statistik pencapaian angka kemiskinan yang dihitung berdasarkan data makro Populasi Penduduk Kabupaten Banggai yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Luwuk saat menghadiri kegiatan Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Banggai Tahun 2019, di Ruang Rapat Pahangkabotan, Kantor Bappelitbangda, Kabupaten Banggai, Senin (16/12).

Informasi ini dilansir Banggai News dari rilis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Banggai melalui Kasubag Humas Publikasi dan Dokumentasi, Rabu (18/12) kemarin.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala BPS Luwuk, Kepala Bappelitbangda, Asisten Administrasi Pemerintahan, Sejumlah Kepala OPD, Para Camat, dan Perwakilan OPD, serta undangan lainnya.

BACA JUGA:   Warga Desa Siuna Pagimana yang Merasa Dipermainkan Gelar Aksi Mengingatkan PT Prima Untuk Kedua Kalinya

Bupati Banggai, Herwin Yatim menyampaikan dalam sambutannya bahwa dari tahun ke tahun Pemerintahan dirinya bersama Wakil Bupati (Wabup), Mustar Labolo, tren angka kemiskinan berdasarkan kalkulasi BPS Kabupaten Banggai menurun, dan semakin baik. “Saya selalu menantang para Camat dan Kepala Desa, siapa yang bisa menurunkan angka kemiskinan masyarakatnya dengan caranya sendiri maka saya akan memberikan apresiasi,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu.

Presentasi angka kemiskinan Kabupaten Banggai, sambung Bupati Herwin, menurun dari 9,1 persen menjadi 7,8 persen karena ada langkah-langkah yang kami ambil sebagai Pemerintah. “Harusnya para Kepala OPD dan para Camat mampu menerjemahkan Visi Misi kami. Camat adalah perpanjangan tangan Bupati di wilayah, sehingga bagus tidaknya Bupati di mata masyarakat itu leading sektornya ada di Bapak Ibu Camat,” pesanya.

BACA JUGA:   Perhatian! Keluarga Korban Kecelakaan di Halimun Harap Sopir Truk Sampah di Hukum Berat, Ini Alasannya!

Dari 1200 program kegiatan yang kita miliki kurang lebih ada sekira 514 program yang nyata yang dianggap oleh BPS adalah program kegiatan yang bisa menanggulangi kemiskinan dan menurunkan angka kemiskinan Kabupaten Banggai sebesar 1,3 persen.

“Olehnya itu, saya berharap Kepala OPD atau dinas-dinas terkait agar selalu berkoordinasi bersama para Camat, sehingga data, tujuan, sasaran itu jelas dan terarah dalam menentukan wilayah dalam suatu program kegiatan,” harap Bupati Herwin.

BACA JUGA:   Selasa, Bupati Banggai Pimpin Pertemuan Warga Siuna dan Dirut PT Prima

Selain itu, ia menambahkan, agar seluruh OPD, para Camat, Lurah, dan Kepala Desa agar bekerja dengan serius, fokus, dan profesional sehingga apa yang kita harapkan mensejahterakan rakyat, menurunkan angka kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan dapat dengan mudah terwujud.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Bappelitbangda, Asisten Administrasi Pemerintahan, Sejumlah Kepala OPD, Para Camat, dan Perwakilan OPD, serta undangan lainnya.*SOF

Tinggalkan Komentar